img
SITUS RESMI DPRD KABUPATEN BANDUNG

Breaking News

Tahun 2019 Bapemperda DPRD Kab Bandung Rencanakan 8 Buah Raperda

Jum’at ( 30/11/2018) Badan Pembentukan peraturan daerah (Bapemperda) dan Badan Anggaran (Bangar) DPRD Kabupaten Bandung, menyampaikan laporan hasil kerjanya pada Rapat Paripurna Masa Sidang 1 Rapat ke-18. Kegiatan yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Bandung Ir. H. Anang Susanto, M.Si tersebut, berlangsung di Gedung Moch Toha Soreang.
Anggota DPRD dari Fraksi PDI-Perjuangan Dadan Konjala, mewakili Bapemperda Kab Bandung menyampaian laporan Bapemperda yang telah membahas Program Pembentukan program Daerah (Propemperda) Tahun 2019. Dadan mengatakan bahwa perencanaan penyusunan Peraturan Daerah (Perda) dilakukan dalam suatu Propemperda, yang diatur dalam Undang-undang nomor 12  Tahun 2011.
“Propemperda merupakan instrumen yang disusun secara terencana, terpadu dan sistematis. Secara operasional, Propemperda memuat daftar prioritas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang disusun berdasarkan metode dan parameter tertentu, sebagai bagian internal dari seistem peraturan perundang-undangan. Dengan demikian program legislasi dapat digunakan sebagai pedoman dan pengendalian penyusunan Perda yang mengikat lembaga berwenang, yaitu Pemerintah dan DPRD”, ujar Dadan Konjala dalam laporannya.
Bapemperda DPRD memiliki tugas dan wewenang menyusun program registrasi daerah dan mengkoordinasikan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) “Tugas dan wewenang tersebut telah dilakasanakan Bapemperda bersama Perangkat Daerah (PD) dalam Kabupaten Bandung dalam  mengsinkronisasikan daftar Raperda, baik atas prakarsa DPRD maupun usulan kepala daerah.
Daftar prioritas Raperda dilingkungan Pemda telah disepakati terdiri dari 8 (delapan) buah Raperda. Diantaranya Raperda tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja kabupaten Bandung, Raperda tentang  Perseroan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kerta Raharja Kabupaten Bandung, Raperda tentang Perseroan Daerah Citra Bangun Selaras (CBS) Kabupaten Bandung, Raperda tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Alat Desa, Raperda tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) , Raperda tentang penyelenggaaraan Kepariwisataan, Raperda tentang perubahan atas Perda Kabupaten Bandung nomor 7 tahun 2011 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bandun Tahun 20005-2025, serta Raperda tentang Pemakaman.
Adapun Propemperda Kabupaten Bandung Tahun 2019 yang diterbitkan melalui Surat Keputusan (SK) DPRD kabupaten Bandung, terbagi kedalam 3 (tiga) masa sidang, yaitu : 

Masa Sidang 2 tahun 2019 catur wulan 1 diantaranya ;
1.    Raperda tentang Perubahan atas Perda Kabupaten Bandung nomor 7 Tahun 2011 tentang Rencana Pembanguna Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bandung Tahun 2005-2025 (diusulkan oleh Bappeda)
2.    Raperda tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja Kabupaten Bandung (diusulkan oleh Bagian Perekonomian dan PDAM Tirta Raharja)
3.    Raperda tentang Perseroan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kerta Raharja Kabupaten Bandung (diusulkan oleh Bagian Perekonomian dan BPR)

Masa Sidang 3 Tahun 2019 Catur Wulan 2, diantaranya ;
1.    Reperda tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan (diusulkan oleh Disparbud)
2.    Rapemperda tentang Pemakaman (diusulkan oleh Disperkintan)
3.    Raperda Lembaga kemasyarakatan (diusulkan oleh DPMD)

Masa Sidang 1 Tahun 2019 Catur Wulan 3, diantaranya ;

1.    Raperda tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (diusulkan oleh DPMPTSP)
2.    Reperda tentang Perseroan Daerah Citra Bangun Selaras (CBS) Kabupaten Bandung (diusulkan oleh Bagian Perekonomian dan PT. CBS)


Pembentukan Perda kabupaten bandung melalui rekomendasi Raperda-Raperda tersebut, akan ditetapkan menjadi Propemperda kabupaten Bandung Tahun 2019 dan di sahkan dengan SK DPRD Kabupaten Bandung.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan sebagai bahan publikasi menurut sumber yang kami terima.

(dw/er-Humas DPRD Kab. Bandung)

  
 

Trending