img
SITUS RESMI DPRD KABUPATEN BANDUNG

Breaking News

Bupati Desak DPRD Segera Bentuk AKD

bupati-desak-dprd-segera-bentuk-akd

Bupati Bandung Jawa Barat, Dadang M Naser, mendesak jajaran DPRD setempat segera membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Iambauan tersebut  dsampaikannya setelah Ketua definitif, H. Sugianto dan wakil-wakilnya dilantik, Senin (23/9/2019) sore.

“Karena tugas mereka sudah menanti untuk pembahasan KUAPPAS (Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara). Jangan sampai lewat Oktober untuk percepatan menghadapi program yang akan datang,” kata bupati seusai acara, di Sekretariat DPRD Kabupaten Bandung.

Jika tepat waktu dan tepat sasaran, lanjut Dadang, maka berpotensi mendapatkan WTP. “Karena WTP tidak boleh terlambat,  sebab bisa berpotensi tidak mendapatkan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Silahkan dikomunikasikan,” ujarnya.

Sementara, Ketua DPRD yang baru dilantik, Sugianto menyebutkan akan segera membentuk AKD, maksimal dalam dua minggu sudah beres. Untuk melakukan opresionalisasi teknis, pihaknya harus dilengkapi AKD.

“Dari mulai komisi, badan musyawarah, badan anggaran, termasuk baperpemda. Ini sangat penting dilakukan segera,” katanya, seusai pelantikan.

Sugianto menambahkan, langkah kerjanya diawali dengan komunikasi dan konsolidasi dengan pimpinan fraksi sebagai sumber dari bebagai ide yang muncul dari seluruh komponen DPRD. “Nanti kita akan mencoba secepatnya, karena agenda sangat padat. Di samping juga agenda formal  DPRD di mana tugasnya, fungsi legislasi, budgeting, pengawasan. Juga DPRD periode 2019-2024 ini diminta oleh Kementerian Dalam Negeri untuk meningkatkan kapasitas,” ujar Sugianto.

Setelah dirinya dilantik, kata Sugianto, yang pertama dilakukan adalah pembentukan AKD. Selanjutnya masuk pansus tata tertib. “Karena ini sangat penting sebagai acuan atau koridor kerja anggota DPRD,” katanya.

Kemudian, lanjutnya pula, membahas APBD 2020, karena masyarakat sudah menanti. “Apalagi tak lama lagi penyelenggaraan pilkades serentak, tentu perlu pembahasan anggaran,” ujar Sugianto

(dw/er - Humas DPRD Kab. Bandung)

sumber : dara.co.id 

Trending