img
SITUS RESMI DPRD KABUPATEN BANDUNG

Breaking News

Dadan Konjala: Kegiatan Bayar Pajak oleh Bapenda Bisa Dilakukan Kembali

dadan-konjala-kegiatan-bayar-pajak-oleh-bapenda-bisa-dilakukan-kembali

 

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab. Bandung, H. Dadan Konjala.

 

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Bandung, H. Dadan Konjala, meminta agar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kab. Bandung, kalau bisa memperpanjang kembali kegiatan Pajak Gratis bagi Objek Pajak (OP) dan Warga Wajib Pajak (WWP).

Dadan menilai, jumlah OP dan WWP belum maksimal, karena diperkirakan baru mencapai 70% saja. Dengan demikian masih ada sisa yang harus ditindak lanjuti agar tercapai hingga 100%.

“Terutama bagi WWP dan OP yang sebesar Rp500 ribu serta gratis, itu kalau tidak salah berlaku hingga bulan Desember 2020 nanti,” katanya diruang Fraksi, Senin (6/7/2020).

Untuk penyeimbang hak itu, diharapkan Dadan, kegiatan bayar pajak bisa dilakukan kembali dengan tujuan bisa mencapai sesuai target, sekaligus memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Sementara Kepala Bapenda, Usman Sayogi, di tempat berbeda, menuturkan,
Realisasi BPHTB 30 Juni 2019 sebesar 81,8 M dan Realisasi BPHTB 30 Juni 2020 sebesar 97,9 M. Sehingga walaupun dalam kondisi pandemi realiasi BPHTB 2020 meningkat sebesar 16,1 M atau 19,7% dari Juni tahun lalu.

Ditambahkan Yogi, realisasi PBB 30 Juni 2019 sebesar 14,08 M, dan Realisasi PBB 30 Juni 2020 sebesar 27,6 M. “Sehingga realisasi PBB pun sama seperti BPHTB mengalami peningkatan sebesar 13,5 M atau sebesar 96% dari Juni tahun lalu,” ujar Yogi.

Hal Ini, menurutnya, semua berkat adanya program insentif pajak di Kabupaten Bandung. Dan mengenai pembukaan kembali kegiatan kompensasi pembayaran pajak, dia harus melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Pemkab Bandung dan Pemprov Jabar.

 

Trending