img
SITUS RESMI DPRD KABUPATEN BANDUNG

Breaking News

Ketua Fraksi PDI Perjuangan: Minta Aspirasi Masyarakat Saat Reses Bisa Direalisasikan

ketua-fraksi-pdi-perjuangan-minta-aspirasi-masyarakat-saat-reses-bisa-direalisasikan

 

 

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Bandung, H. Dadan Konjala

Rekapitulasi Reses Masa Sidang III, dikatakan Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Dadan Konjala (Abah), DPRD Kabupaten Bandung, menampung beberapa aspirasi dari masyarakat yang minta ditindaklanjuti segera oleh Pemerintah Kabupaten Bandung.

Item yang menjadi sorotan masyarakat, lanjut Abah, mengarah pada Bantuan Sosial penanggulangan wabah Corona (Covid-19) yang dirasakan masyarakat tidak tepat sasaran karena data yang digunakan saat pelaksanaan pemberian bantuan masih mempergunakan data lama, antara tahun 2015-2017.

“Kami meminta kepada Pemkab Bandung agar segera dilakukan validasi data ulang, agar masyarakat yang benar-benar membutuhkan bisa terakomodir dengan baik,” katanya di ruang Fraksi, Rabu (15/7/2020).

Aspirasi lainnya yang diterima Abah, mencakup infrastruktur penambahan irigasi-irigasi berikut perbaikannya agar lahan sawah atau kolam ikan tidak mengalami kekeringan. Termasuk dalam hal ini bagi masyarakat pengguna sumur resapan tanah, ketersediaan airnya bisa mencukupi.

Untuk permasalahan lainnya, tambah Abah, mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dinilainya belum maksimal demikian juga dengan prosesnya melalui pembelajaran melalui daring. Menurutnya itu perlu kajian ulang dari Pemkab Bandung termasuk Dinas Pendidikan supaya terjadi pemerataan pembelajaran.

“Karena tidak semua masyarakat bisa mampu membeli HP Android atau Gadget dalam proses pembelajaran daring. Karena hal itu akan membutuhkan biaya tidak sedikit,” ujarnya.

Disebutkan Abah, bertambahnya jumlah penduduk bisa mempengaruhi PPDB ke sekolah. Dia mengakui memang ada jalur khusus berupa jalur prestasi dan afirmasi. Tapi itu tidak jaminan dalam kelancaran PPDB, sebab pada realisasinya banyak peserta didik yang tidak diterima dengan berbagai alasan.

Abah mengakui bukan sebagai penentu kebijakan melainkan hanya mediator dan fasilitator saja. Dari akumulasi aspirasi tersebut, dia berharap tiga aspirasi masyarakat tersebut bisa direalisasikan di anggaran APBD perubahan. Walau tidak maksimal tapi ada upaya dari Pemkab Bandung.

Trending