img
SITUS RESMI DPRD KABUPATEN BANDUNG

Breaking News

Tidak Ada Kata Terlambat untuk Berbenah dan Bertindak Tegas

tidak-ada-kata-terlambat-untuk-berbenah-dan-bertindak-tegas

 Anggota DPRD Kab. Bandung dari Fraksi Demokrat, H. Yayat Sudayat, bersama Bupati Bandung terpilih, H. M. Dadang Supriatna./visi.news/ki agus.
Tidak kata terlambat bagi Pemerintah untuk segera melaksanakan rekontruksi pembangunan dengan mengedepankan penerapan hukum tata ruang. Itu pun kalau memang mau berbenah dan berlaku tegas untuk menindak setiap oknum perusak alam.

Anggota DPRD Kab. Bandung dari Fraksi Demokrat, H. Yayat Sudayat (Abah Yayat), mengatakan, terjadinya bencana pastinya keterkaitan dengan kerusakan alam dan tidak berfungsinya infrastruktur atau drainase yang dianggapnya hanya sebatas membangun saja tapi tidak ada perawatan dan pemeliharaan.

“Semestinya pihak pemerintah cepat tanggap dengan keadaan, dan melakukan upaya pembenahan infrastruktur juga lingkungannya,” katanya via telepon, Senin (11/1/2021).

Abah Yayat meminta dilakukan pengerukan sedimen di setiap sungai serta drainase. Alasan dia, kalau dibiarkan terus maka masyarakat yang akan menjadi korban karena air meluap yang menyebabkan banjir disekitarnya.

Untuk kerusakan alam sendiri, dia menilai, lebih mengarah kepada ego sektoral dan ego personal. Sehingga tanpa disadari, akibat dari kemudahan pemberian izin akan berdampak pada kerugian bagi masyarakat.

Dia merasa prihatin dengan terjadinya longsor di wilayah Sumedang yang diindukasikan akibat kerusakan alam. Sementara Rancaekek sendiri harus menerima imbas dari semua itu, selalu mengalami banjir hingga mencapai satu meteran lebih.

“Bencana itu harus jadi cermin bagi kita semua. Selalu waspada dan menjaga alam dengan baik. Tapi peran aktif pemerintah sendiri harus jelas,” ujar dia.

Selain itu, dia mengharapkan ada pengawasan dan pengendalian yang signifikan terhadap pembangunan yang akan atau tengah dilaksanakan. Kaitannya dengan kondisi dan situasi masa pambangunan dan paska setelah dibangun.

Trending